Ahad

Bagaimana Bertayamum?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Salam Sejahtera
kalau semalam Q ada kongsikan tentang wuduk yang sempurna
arini Q nak kongsikan pula cara bertayamum



Tayamum adalah pengganti wudhu dan mandi junub. Tayamum dapat dilakukan dalam kondisi tertentu. Misalnya, dalam keadaan tidak menemukan air untuk berwudhu atau mandi junub. Atau dalam keadaan sakit yang tidak memungkinkan badan terkena air. Tayamum batal apabila telah menemukan air. Bertayamum dapat dilakukan dengan menggunakan tanah. Hal itu berdasarkan hadits berikut.
"Dari Abdur Rohman bin Abza r.a. berkata: Seorang laki-laki datang kepada 'Umar bin Khoththob dan berkata "Aku junub, padahal tidak ada air", lalu Ammar bin Yasir berkata kepada 'Umar bin Khoththob, apakah kamu tidak ingat, sewaktu kita dalam satu perjalanan aku dan kamu, sedang kamu tidak sholat dan aku berguling-guling di tanah lalu aku sholat, kemudian aku ceritakan kepada Nabi SAW lantas beliau bersabda:

"Sesungguhnya kamu sebenarnya cukup begini saja, Nabi SAW sambil memukulkan telapak tangannya ke tanah lalu meniupnya, kemudian mengusapkan kedua telapak tangannya ke wajah dan kepada kedua punggung telapak tangannya."
(H.R. Bukhari)
Atau dengan debu tembok. Bedasarkan Hadits berikut.
"Abu Juhaim berkata: Nabi SAW datang dari telaga Jamal lalu beliau bertemu dengan seorang laki-laki, kemudian orang itu memberi salam kepada beliau dan Nabi SAW tidak

mengembalikan salamnya sehingga beliau menghadap ke sebuah tembok, lalu beliau mengusap wajah dan kedua tangan beliau, baru kemudian beliau menjawab salam kepada
orang laki-laki itu.
(H.R. Bukhari)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tiada ulasan:

Lihat juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...